Cabang – Cabang Ilmu Pendidikan Akuntansi Part 2

Cabang – Cabang Ilmu Pendidikan Akuntansi Part 2

Cabang – Cabang Ilmu Pendidikan Akuntansi Part 2

decloetstructures.com – Pada pembahasan sebelumnya kita sudah mengenal ada beberapa cabang ilmu pendidikan akuntansi. Dan pada pembahasan kali ini kita akan coba membahas tentang lanjutan dari pembahasan cabang – cabang ilmu pendidikan akuntansi yang sebelumnya.

Cabang – Cabang Ilmu Pendidikan Akuntansi Part 2

Seperti yang kita tahu bahwa cabang ilmu pendidikan yang menyangkut seorang sarjana akuntan itu ada banyak sekali dan dapat dipelajari sesuai dengan gelar dan kompetensi keahlian yang ingin dimiliki oleh seorang akuntan. Lantas apa saja cabang – cabang ilmu pendidikan akuntansi selain yang sebelumnya telah kita tahu? Berikut beberapa daftarnya untuk Anda.

Cabang – Cabang Ilmu Pendidikan Akuntansi Part 2

Akuntansi pemeriksaan

Bidang akuntansi yang satu ini memang secara khusus memiliki aktivitas berupa pemeriksaan atas laporan pencatatan akuntansi secara independen dan tanpa adanya tekanan dari pihak mana saja. Pihak yang biasa melakukan audit disebut dengan auditor dan bekerja dengan cara independen pula. Setiap catatan transaksi yang terjadi diperiksa secara detail serta memastikan bahwa pencatatan tersebut sudah benar sesuai dengan fakta yang terjadi serta juga telah sesuai dengan aturan – aturan akuntansi yang memang secara umum berlaku. Dalam melakukan pekerjaan nantinya auditor menggunakan standar yang umum.

Akuntansi anggaran

Pendidikan akuntansi anggaran merupakan sebuah cabang pendidikan akuntansi yang mempelajari tentang penyusunan sebuah rancangan pengeluaran suatu perusahaan kemudian membandingkannya dengan pengeluaran secara aktual. Nantinya akuntansi anggaran memiliki tugas untuk menguraikan keuangan perusahaan untuk jangka waktu tertentu dengan didasarkan atas sistem pengawasan dan juga analisa.

Akuntansi pemerintahan

Pada bidang akuntansi yang satu ini difungsikan untuk dapat mempelajari tentang penyajian financial statement atau laporan keuangan yang dilakukan oleh lembaga pemerintahan. Akuntansi pemerintahan sendiri juga turut menyajikan informasi berupa data akuntansi dari berbagai aspek pengelolaan administrasi keuangan pemerintah kemudian melangsungkan upaya pengendalian dan pengeluaran anggaran.

Akuntansi pendidikan

Pendidikan yang dilakukan pada akuntansi pendidikan biasanya akan bergelar S.Pd. Akuntansi pendidikan memang nantinya difokuskan untuk mengajar akuntansi, menjadi dosen akuntansi, melakukan penelitian tentang pembelajaran akuntansi dan sebagainya. Yang jelas berkaitan dengan dunia pendidikan akuntansi.

Sistem akuntansi

http://www.gurupendidikan.com/sejarah-agama-islam-di-dunia-telengkap-menurut-para-ahli/ Bidang akuntansi yang satu ini berkaitan erat dengan pembuatan prosedur akuntansi atau juga alat – alat pendukung yang kemudian diikuti dengan adanya penentuan langkah ke depan yang didalamnya ada juga pengumpulan data serta laporan keuangan. Dengan ini dapat membantu memudahkan perusahaan dalam melakukan pengambilan keputusan.

Akuntansi internasional

Pada bidang akuntansi yang satu ini juga turut meliputi masalah – masalah yang terjadi dalam setiap transaksi perdagangan internasional atau lintas negara yang pada umumnya juga terjadi di perusahaan – perusahaan multi nasional.

Semoga informasi yang kami berikan diatas tentang Cabang – Cabang Ilmu Pendidikan Akuntansi Part 2 bermanfaat. Mari belajar dunia pendidikan akuntansi dan serap ilmu – ilmunya.

Baca Juga :

Cabang – Cabang Ilmu Pendidikan Akuntansi Part 1

Cabang – Cabang Ilmu Pendidikan Akuntansi Part 1

Cabang – Cabang Ilmu Pendidikan Akuntansi Part 1

decloetstructures.com -Seperti halnya pada bidang keilmuan lainnya yang juga memiliki cabang – cabang, akuntansi juga punya beberapa cabang yang perlu dipelajari agar dapat menjadi tenaga profesional akuntan. Tentu saja tidak semuanya cabang harus dipelajari oleh seorang akuntan karena pembelajaran akuntan pada masing – masing cabang haruslah fokus. Karena itu biasanya dalam dunia pendidikan akuntansi ada cabang – cabang pilihan yang terfokus untuk nantinya menjadikan gelar seorang akuntan tersebut berdasarkan potensi cabang keahlian yang dimiliki.

Cabang – Cabang Ilmu Pendidikan Akuntansi Part 1

Ada banyak cabang – cabang ilmu pendidikan akuntansi dan kali ini kita akan cari tahu apa saja cabang – cabang ilmu pendidikan akuntansi tersebut. Berikut informasinya J

Cabang – Cabang Ilmu Pendidikan Akuntansi Part 1 

Akuntansi keuangan

Bidang akuntansi yang satu ini merupakan bidang akuntansi yang didalamnya mempelajari tentang transaksi khusus dalam bidang akuntansi seperti halnya kewajiban, aset atau juga modal (ekuitas) sebuah perusahaan. Akuntansi keuangan sendiri memang memiliki tujuan.

Tujuan utama dari akuntansi keuangan yaitu untuk dapat menyajikan data dari setiap transaksi keuangan yang terjadi pada periode tertentu serta juga sebagai dasar dalam pembuatan laporan keuangan. Akuntansi keuangan ini lebih khusus berkonsentrasi untuk dapat menyajikan data dalam bentuk laporan keuangan atau financial statement kepada pihak luar perusahaan seperti halnya investor, pemegang saham, bank, dirjen pajak atau yang lainnya.

Akuntansi manajemen

Akuntansi manajemen sendiri juga dapat dikatakan sebagai kebalikan dari akuntansi keuangan. Kalau akuntansi keuangan sifatnya menyajikan laporan keuangan bagi pihak luar perusahaan sementara akuntansi manajemen menyajikan laporan keuangan manajemen untuk pihak dalam perusahaan yang bersangkutan. Fungsinya dari akuntansi manajemen ini adalah untuk dapat memberikan data real kepada pihak manajemen sebagai bahan pembahasan untuk dapat menentukan arah kebijakan perusahaan ke depannya utamanya untuk urusan finansial.

Akuntansi biaya

Cabang dalam pendidikan akuntansi yang satu ini memang hubungannya adalah dengan perancangan, penetapan dan juga pengendalian biaya atau cost produksi. Biasanya akuntansi biaya sangat dibutuhkan bagi perusahaan manufaktur yang memproduksi bahan mentah menjadi barang jadi. Sehingga memang sangat diperlukan efisiensi yang maksimal guna meningkatkan laba perusahaan.

Akuntansi perpajakan

Cabang dalam pendidikan akuntansi yang satu ini memang mengurus tentang perpajakan. Disiplin ilmu yang satu ini secara khusus memang menyajikan data yang sangat dibutuhkan nantinya dalam perhitungan pajak. Tujuan dari akuntansi perpajakan adalah supaya perusahaan nantinya dapat membayar pajak sesuai dengan aturan pemerintah serta juga untuk menyajikan suatu hubungan sebuah transaksi atas tarif dan pajak yang ada.

http://www.gurupendidikan.com/10-jenis-dan-pengertian-ham/ bagi andayang mungkin ingin menjadi seorang profesional akuntan, ada baiknya Anda melanjutkan pendidikan pada cabang – cabang yang bersangkutan. Semoga informasi diatas tentang Cabang – Cabang Ilmu Pendidikan Akuntansi Part 1  bermanfaat.

Baca Juga :

Cara Mendidik Anak Agar Jadi Pemberani

Cara Mendidik Anak Agar Jadi Pemberani

Cara Mendidik Anak Agar Jadi Pemberani

decloetstructures.com – Kira-kira bagaimana ya bund jadinya jika buah hati tercinta malah cukup penakut? Apalagi kan dia adalah seorang laki-laki, mestinya nih ya bund, dia bisa jadi lebih berani lagi.

Memiliki seorang anak adalah anugerah yang terindah Tuhan berikan pada setiap manusia. Dan bisa mendidik anak agar bisa menjadikan anak yang tak hanya pemberani, akan tetapi juga jadi anak yang lebih baik tentu sudah jadi kewajiba bagi setiap orangtua. Memang tidak bisa dipungkiri lagi, jika masalah anak yang cukup penakut ini sering sekali membuat para orangtua resah, sebab dengan anaknya yang seperti ini tentunya dia tidak akan bisa melakukan banyak hal sendirinya, itu artinya Anda sebagai orangtua harus selalu menemaninya.

Cara Mendidik Anak Agar Jadi Pemberani

Lantas, bagaimana ya bund, agar sih kecil bisa berubah jadi anak yang lebih pemberani lagi? Nah, supaya sih kecil jadi lebih pemberani, tentunya diperlukan cara mendidik yang tepat ya bund, seperti pada lansirkan berikut ini.

Cara mendidik anak agar jadi pemberani

Cara pertama yang bisa Anda lakukan agar anak bisa jadi lebih pemberani lagi adalah dengan memberi contoh. Orangtua adalah pemberi contoh yang paling efektif lagi, supaya sih anak bisa berubah jadi lebih pemberani. Sesekali tunjukan saja pada buah hati Anda bahwasanya Anda dapat keluar dari comfort zone Anda dengan masuk ke dalam rumah hantu yang ada di them park. Walaupun yang demikian ini mungkin saja akan terselip rasa takut di dalam diri Anda, tunjukkan saja bahwasannya Anda adalah salah satu pribadi yang pemberani.

Cara yang selanjutnya adalah dengan melibatkan nilai-nilain cultural. Seperti yang kami lansirkan dari situs imom.com bahwasannya cerita-cerita yang berbau sejarah dan juga nilai-nilai kebudayaan yang ada kaitannya dengan sikap pemberani. Contohnya saja Anda bisa mencontohkan kepada sih kecil tentang bagaimana pahlawan jadi pribadi yang lebih pemberani untuk melawan para penjajah di dalam merebut kemerdekaan. Mengajari sih kecil untuk bisa lebih berani lewat contoh cerita rakyat atau pun riwayat sejarah bisa menjadikan anak Anda lebih terinspirasi.

report text Cara yang berikutnya, sesekali Anda bisa tantang sih kecil untuk bisa melakukan sesuatu yang butuh keberanian ekstra. Tak perlu memikirkan beberapa hal yang ekstrim ya bund. Cukup dengan menantang sih kecil untuk bisa mencoba makanan baru yang sudah Anda masak. Pada saat anak Anda berhasil jalankan misi yang telah Anda berikan, maka jangan lupa untuk  memberi pujian bagi anak Anda. Tetapi, perlu Anda ingat juga, bahwasannya dalam memberikan pujian, jangan sampai yang terlalu berlebihan, berikan saja pujian-pujian yang sederhana saja.

Demikian informasi cara mendidik anak agar jadi pemberani yang bisa kami bagikan. Semoga saja bisa bermanfaat.

Baca Juga :

Cara Mempersiapkan Anak Sekolah di Hari Pertama

Cara Mempersiapkan Anak Sekolah di Hari Pertama

Cara Mempersiapkan Anak Sekolah di Hari Pertama

decloetstructures.com – Hari pertama masuk sekolah bagi anak merupakan momen yang paling berharga yang mana sebagian anak akan menjalani momen tersebut dengan lancar, tanpa ada halangan dan juga berjalan baik-baik saja. Akan tetapi, tak semua anak yang merasakan hal seperti itu. Momen hari pertama dia masuk sekolah bisa saja jadi momen yang paling mendebarkan bagi anak Anda. Tidak jarang hal yang demikian ini juga akan menjadikan orangtua cemas dengan kondisi anak. Yang demikian ini mungkin saja wajar dirasakan bagi orangtua, sebab selama ini anak selalu pergi ditemani orangtuanya, dan sekarang harus terpisah untuk sementara waktu sebab harus belajar bersama gurunya. Nah, untuk itulah, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan untuk Anda semuanya tentang cara mempersiapkan anak sekolah di hari pertamanya. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Cara Mempersiapkan Anak Sekolah di Hari Pertama

Cara mempersiapkan anak sekolah di hari pertama

Cara yang pertama adalah melatih kemandirian sih anak. Ini adalah salah satu hal yang paling penting, sebab pada saat anak Anda masuk sekolah, mereka akan jauh dari orangtuanya, yang mana pasti saja anak harus belajar tentang bagaimana melakukan sesuatu tanpa bantuan orangtuanya, seperti pada saat akan kencing, menggunakan sepatu, memasukkan buku ke dalam tas, dan lain sebagainya. Dengan begitu, maka pelajari ini pun harus dapat dicontohkan pada anak Anda pada saat mereka ada di rumah.

Ajarkan saja kepada sih kecil untuk bisa belajar bagaimana menggunakan toilet sendiri, minta juga kepada mereka untuk bisa memasukkan peralatan sekolahnya ke dalam tas atau pun minta anak maka sendiri. Dengan begitu secara perlahan tetapi pasti ini akan tertanam jadi kebiasaan sehingga saat di sekolah anak Anda tidak akan terus menerus bergantung pada guru atau pun temannya.

Cara lainnya adalah mengajarkan anak rasa tanggung jawab. Untuk mengajarkan anak Anda rasa tanggung jawab sangat sederhana saja, contohnya saja saat anak bermain dengan menggunakan peralatan mainannya, maka Anda bisa meminta dia untuk kembali rapikan mainanya tersebut setelah dia selesai bermain, atau pun meminta anak untuk kembali menutup kamar mandi setelah dia gunakan. Dengan demikian maka anak Anda akan dengan sendirinya mempunyai rasa tanggung jawab atas semua hal yang dia lakukan.

kata kata bijak cinta bahasa inggris Cara berikutnya adalah dengan mengenalkan anak makna sekolah. Beritahukan kepada anak Anda akan pentingnya bersekolah, fungsi dari anak sekolah, dan juga apa tujuan dari sekolah tersebut. Hal yang demikian ini pastinya juga dapat dilakukan pada saat Anda bersama anak mempunyai waktu berdua.

Demikianlah cara mempersiapkan anak sekolah di hari pertama yang bisa kami informasikan. Semoga saja bisa bermanfaat.

Baca Juga :

Pendidikan Pesantren

Keunggulan Metode Pendidikan Pesantren Untuk Anak

Keunggulan Metode Pendidikan Pesantren Untuk Anak

Decloetstructures.com – Di Indonesia memang pendidikan pesantren tidak terlalu banyak dikenal karena tak banyak orang yang berkenan menyekolahkan anaknya di pesantren. Kisah konotatif tentang pendidikan pesantrenlah yang menjadikan latar belakangnya. Pemikiran – pemikiran bahwa anak – anak pesantren itu kolot atau kuno, tidak punya pendidikan umum yang berkualitas dan sulit menyaingi pendidikan anak – anak formal menjadi latar belakang tak banyak orang tua yang berpikir untuk menyekolahkan anaknya di pesantren. Lalu bagaimana dengan Anda?

Coba pikir ulang. Dalam kehidupan tak hanya kepandaian semata yang dibutuhkan. Negeri ini krisis orang jujur. Banyak orang pandai tetapi tidak jujur yang hal ini kemudian menyebabkan banyaknya korupsi di negeri sendiri. Ilmu agama yang kurang sebenarnya menjadi salah satu alasan hal ini sampai terjadi. Karena itu mendidik iman sebenarnya PR utama bagi negara Indonesia dan pendidikan keimanan itu dapat diperoleh dengan sangat baik di lingkungan pesantren. Agar semakin yakin dan tidak memandang remeh tentang pendidikan pesantren, berikut beberapa keunggulan metode pendidikan pesantren untuk anak yang Anda harus tahu selengkapnya.

Keunggulan Metode Pendidikan Pesantren

Selain pengajaran agama yang lengkap, ada beberapa keunggulan dari metode pendidikan pesantren yang dapat ditemukan, diantaranya :

1. Melatih anak dewasa dan penuh pertimbangan

Jangan dikira hanya anak kuliah saja yang bisa berpikir dewasa. Tidak! Bahkan anak – anak dengan usia 13 sampai dengan 15 tahun juga dapat berpikir dewasa dengan cara didikan yang tepat. Salah satu cara mendidik anak yang tepat untuk membentuk pemikiran dewasa adalah dengan memberikan atmosfer pesantren pada pendidikan anak. Dengan pendidikan pesantren anak juga akan menjadi pribadi yang tumbuh dengan penuh pertimbangan karena memang mereka dididik dengan lingkungan agama dan jauh dari orang tua.

2. Pergaulan budaya yang luas

Pada beberapa pesantren besar yang telah terkenal berskala nasional bahkan berbahasa internasional, anak memang akan mengalami pergaulan yang bertaraf tinggi. Dengan berbagai bahasa lokal dan sifat anak – anak yang berbeda – beda tentu akan membuat pergaulan budaya anak di usianya semakin luas dan menjadikannya punya pengalaman lebih dari teman yang lainnya.

3. Fisik dan mental yang lebih kuat

Tentu saja di pesantren akan diajarkan berbagai macam olahraga mulai dari yang lazim seperti halnya sepakbola dan bela diri. Bahkan memanah tak jarang diajarkan di lingkungan pesantren yang ilmu seperti ini memang harus diajarkan dalam Islam dan tidak diajarkan di sekolah formal. Dengan begini fisik dan mental anak yang dididik oleh pesantren akan jauh lebih kuat.

Itulah beberapa Keunggulan Metode Pendidikan Pesantren yang Anda harus tahu. Jadi, tunggu apalagi? Semoga informasi diatas yang kami berikan untuk Anda bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya :

apel

Kandungan Dan Manfaat dalam Buah Apel

Inilah Kandungan dan Manfaat yang Ada di Buah Apel

Decloetstructures.Com – Apel merupakan nama pohon sekaligus nama buah yang dihasilkan yang berasal dari genus malus. Pohon apel memiliki ketinggian berkisar antara 3 sampai 12 meter dengan tajuk lebar dan memiliki banyak ranting, memiliki daun bentuk lonjong dengan ukuran panjang sekitar 5 cm – 12 cm dan lebar sekitar 3 cm – 6 cm, memiliki bunga dengan warna putih agak merah muda.

Buah apel biasanya memiliki kulit buah berwarna merah jika telah masak, namun ada juga yang memiliki kulit buah berwara hijau, kuning atau agak merah muda ketika masak. Kulit buah apel agak lembek, daging buahnya agak keras dan juga didalam daging buah terdapat beberapa biji.

Apel berasal dari Asia Tengah, dan kemudian banyak dibudidayakan di berbagai negara yang memiliki suhu udara dingin, nama ilmiah pohon apel adalah Malus domestica. Biasanya buah apel di konsumsi secara langsung atau saat mentah tanpa dimasak dahulu, namun apel sering dibuat saus apel, minuman sari buah apel, keripik, atau jenis makanan yang lainnya.

Sejauh ini ada sekitar 7.500 lebih kultivar apel yang tersebar di daerah beriklim sedang maupun tropis.

Kandungan Gizi Apel

Apel memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi dalam setiap 100 gram-nya yaitu

  • Energi 218 kJ (52 kcal);
  • Karbohidrat 13.81 g;
  • Gula 10.39 g;
  • Serat pangan 2.4 g;
  • Lemak 0.17 g;
  • Protein 0.26 g; Air 85.56 g;
  • Vitamin A equiv. 3 µg;
  • Tiamin (Vit.B1) 0.017 mg;
  • Riboflavin (Vit.B2) 0.026 mg;
  • Niasin (Vit.B3) 0.091 mg;
  • Asam Pantotenat (B5) 0.061 mg;
  • Vitamin B6 0.041 mg;
  • Folat (Vit.B9) 3 µg;
  • Vitamin C 4.6 mg;
  • Kalsium 6 mg; B
  • esi 0.12 mg;
  • Magnesium 5 mg;
  • Fosfor 11 mg;
  • Kalium 107 mg;
  • Zink 0.04 mg
  • dan berbagai senyawa lainnya.

Buah apel merupakan salah satu buah tersohor yang paling banyak mememiliki manfaat dan baik untuk menjad kesehatan, bahkan apel juga dapat mencegah berbagai penyakit dan ampuh untuk laina yang ingin melakukan diet. http://www.faunadanflora.com/

Karena kandungan tersebut apel memiliki manfaat seperti dapat mengurangi risiko terserang kanker (seperti kanker prostat, kanker usus besar, kanker paru-paru) dan masih banyak manfaat apel yang lainnya. Biji apel sedikit beracun karena memiliki sedikit kandungan amigdalin yaitu sejenis glikosida sianogen, namun racun ini tidak cukup berbahaya bagi kesehatan manusia.

Demikian penjelasan yang diberikan tentang Kandungan Dan Manfaat dalam Buah Apel  .Terimakasih telah menyimak penjelasan diatas. Semoga dengan membaca artikel ini, dapat menambah pengetahuan para pembaca dan informasi yang diberikan bermanfaat.

Baca Juga :

penyakit-tbc-tuberculosis

Mengetahui lebih dalam tentang penyakit TBC (Tuberculosis)

Memahami Lebih dalam Tentang Penyakit TBC (Tuberculosis)

Decloetstructures.Com – Tuberculosis atau disingkat TBC, merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang bernama Mycobacterium tuberculosis. bakteri tersebut mampu menyerang seluruh organ dalam tubuh manusia, namun bakteri ini paling sering menyerang paru-paru. Oleh karaena itulah penyakit ini juga sering disebut sebagia penyakit paru-paru atau TB Paru-paru. Bakteri ini menyerang paru-paru hingga pada bagian dalam alveolus terdapat bintil-bintil.

Adanya bintil-bintil kecil pada dinding alveolus inilah menyebabkan tergangunya proses difusi oksigen. Jika bagian paru-paru yang diserang meluas, sel-sel mati dan paru-paru akan mengecil, hal tersebut dapat mengakibatkan napas penderita menjadi terengah-engah.

Hal tersebut juga mengakibatkan beberapa kendala, antara lain:

  1. Mengurangi kapasitas vital dan kapasitas pernapasan
  2. Adanya peningkatan kerja sebagai otot pernapasan yang berfungsi untuk pertukaran udara paru-paru.
  3. Berkurangnya membran pernapasan yang menimbulkan penurunan kapasitas difusi paru-paru.

Penyakit TBC juga dapat menyebabkan kematian. Sebagian besar orang yang terinfeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis dan menderita TBC tanpa mengalami gejala, hal ini disebut dengan latent tuberculonis.

Sedangkan jika latent tuberculonis tidak dengan cepat ditangani dan menerima pengobatan, maka akan berkembang menjadi  active tuberculosis.

Active tuberculosis adalah kondisi dimana sistem kekebalan tubuh tidak mampu lagi melawan bakteri tuberculosis yang ada didalam tubuh, sehingga menimbulkan ionfeksi pada bagian paru-paru.

Berikut ini merupakan beberapa gelaja pada penyakit TB Paru:

  1. Batuk berdahak selama tiga minggu atau lebih
  2. Dahak yang keluar disertai darah
  3. Demam selama satu bulan atau lebih pada siang dan sore hari
  4. Menurunnya nafsu makan
  5. Berat badan menurun secara cepat
  6. Badan berkeringat ketika malam hari
  7. Sesak ketika bernafas.

Penyakit TBC merupakan penyakit menular. Penularan penyakit ini paling banyak dan paling mudah dari udara. Hal tersebut juga menjadi salah satu alasan mengara organ tubuh yang pertama kali diserang oleh tuberkulosis adalah sistem pernapasan terutama pada paru-paru. http://tinyurl.com/hzuowaq

Penyakit tuberkulosis dapat menyebar keseluruh bagian tubuh, mulai dari sistem saraf, sistem getah bening, hingga tulang dan persendian. Tuberkulosis tulang disebut juga tuberkulosis milier.

Orang-orang yang beresiko tinggi terkena tuberkulosis adalah orang-orang pengguna narkotika, para petugas medis dan orang-orang yang bekerja di rumah sakit. Sedangkan resiko penularan pada orang yang merokok akan lebih besar dua kali lipat dibandingkan dengan orang yang tidak merokok, hal tersebtu juga dapat terjadi pada orang yang kecanduan narkotika dan penderita diabetes melitus memiliki resiko tiga kali lipat dibandingkan orang biasa.

Dahak atau bersin yang dikeluarkan oleh penderita TBC juga banyak mengandung bakteri Mycobacterium tuberculosis. Hal tersebut juga yang menjadi alasan mengapa anak-anak lebih rentan terhadap penularan penyakit TBC. Oleh karena itulah salah satu pencegahannya, pemerintah mengadakan imunisasi BCG. Yaitu imunusasi wajib selain Hepatitis B, Polio DPT dan Campak.

Demikian penjelasan yang diberikan tentang Mengetahui lebih dalam tentang penyakit TBC (Tuberculosis) .Terimakasih telah menyimak penjelasan diatas. Semoga dengan membaca artikel ini, dapat menambah pengetahuan para pembaca dan informasi yang diberikan bermanfaat.

Baca Juga :

Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli

Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli

decloetstructures.com – Sosiologi adalah sebuah pelajaan tentang perilaku sosial dari setiap individu, cara kerja dari setiap kelompok sosial,oganisasi, kebudayaan serta masyarakat.Sosilogi juga mempelajari tentang pengaruh masyarakat,organisasi serta kebuadayaan terhadap perilaku individu dan kelompok.

Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli

Pengertian ssiologi menurut ahli:

Menurut Charles Elwood, Sosiologi adalah pengetahuan yang menguraikan antara hubungan manusia dan golongannya, asal dan kemajuannya serta bentuk dan kewajibannya.

Menurut Herbert Spencer, Sosiologi ialah mempelajari tentang tumbuh, bangun serta kewajban masyarakat.

Menurut Emili Durkheim, Sosiologi merupakan ilmu yang memperlajari tentang fakta – fakta sosia, yakni fakta – fakta yang berisikan cara bertindak, berfikir serta perasaan yng ada diluar individu.

Menurut Max Weber, sosiologi ialah ilmu yang mempelajari tentang tindakan – tindakan sosial.

Sosiologi sendiri berasal dari bahasa Yunani yakni Socius dan Logos. Socius berarti kawan dan Logos berarti bicara atau kata.Jadi Sosiologi berarti ilmu yang berbicara tentang masyarakat. Fokus dari pelajaran ini ialah hubungan – hubungan di masyarakat Pengertian Panca Indera

Syarat – Syarat untuk terbentuknya masyarakat:

  • Sekelompok manusia yang hidup bersmaadalam waktu yang lama
  • Yang merupakan satu kesatuan
  • Merupakan suatu sistem hiup bersama yang menimbulkan budaya dimana setiap anggota masyarakat merasa bahwa dirinya terikat degan kelompoknya.

Masyarakat menurut para ahli:

– Karl Max. Menurutnya masyarakat adalah strukur yag menderita ketegangan atau kelompok yang terpecah secara ekonomi.

– Max Weber. Menurutnya masyarakat adalh struktur yang ditentukan oleh harapan dan nilai dominan masyarakat.

– Mac Iver dan Chrls Page. Menurut mereka masyarakat merupakan sistem yang mengatur hidup masyarakat.

– Selo Sumardjan. Menurutnya masyarakat merupakan orang yang hidup bersama dan menghasilkan kebudayaan.

– Emile Durkheim. Menurutnya masyarakat merupakan suatu kenyataan objektif individu yang merupakan anggotanya.

– Paul B Hurton dan C Hunt. Menurut mereka masyarakr merupakan kumpulan manusia yang hidup bersama, memiliki kebudayaan dan melakukan aktifitas di dalamnya.

Unsur – Unsur Yang Terkandung Dalam Masyarakat:

– Kepercayaan dan Pengetahuan
Keyakinan yang diyakini oleh masyarakat akan mempengaruhi perilaku masyarakat itu sendiri.
– Perasaan
Perasaan akan terbentuk dalam diri masyarakat memalui hubungan sosial dalam masyarakat.
– Tujuan
Sebuah masyarakat memiliki tujuan dan tujuan tersebut dapat berupa persatuan dari tujuan – tujun yang dimiliki anggota masyaraka.
– Kedudukan dan Peran
Setiap anggota dari masyarakat memiliki kedudukan dan perannya masing – masing.
– Norma
Merupakan patokan dari tingkah laku individu dalam masyarakat.
– Pangkat
Merupakan kedudukan seseorang di dalam masyarakat.
– Kekuasaan
Ialah kemampuan untuk mempengaruhi orang lain dengan pagkat yang disandangnya.
– Sanksi
Merupakan satu imbalan atau punish and reward atas tindakan atau kelakuan seseorang.
– Fasilitas
Perangakat untuk mencapi tujuan.

Pokok Bahasan Dalam Sosiologi

Menurut Emile Durkheim
Fakta Sosial:
Yakni cara bertindak, berfikir dan berperasaan yang berada diluar individu dan memiliki kkuatan untukmemaksa dan mengendalikan individu tersebut.

Menurut Max Weber
Tindakan Sosial:
Yakni tindakan yang dilakukan dengan mempertimbangkan perilaku orang lain.

Menurut C. Wright Mills
Khalayan Sosiologis:
Yakni hal yang diperlukan untuk dapat memahami apa yang terjadi dalam masyarakat maupun yang ada dalam diri manusia.

Peter L. Berger
Pengungkapan Realitas Sosial:
Ialahdimana seorang sosiolog harus dapat menyingkap tabir dan mangungkapkan berbagai tabir dan mengungkap setiap helai tabir menjadi suatu realitasyang tidak terduga.

Lainnya >>>

Pengertian dan Bagian-Bagian Panca Indera Manusia

Pengertian dan Bagian-Bagian Panca Indera Manusia

decloetstructures.com – Panca indera merupakan alat tubuh yang berfungsi untuk mengetahui keadaan luar. Alat indera manusia disebut juga panca indra, karena terdiri dari lima indera yaitu penglihatan atau mata, indera pendengar atau telinga, indera pembau atau pencium (hidung), indera pengecap atau lidah dan indera peraba atau kulit.

Pengertian dan Bagian-Bagian Panca Indera Manusia

Macam-Macam Panca Indera manusia yaitu :

1. Indera Penglihatan atau mata

Mata merupakan salah satu alat indera dari makluh hidup khususnya pada manusia yang berfungsi sebagai alat untuk melihat. Mata merupakan alat indera yang sangat kompleks. Jika kita menyebutkan Mata, maka yang dibayangkan dalam fikiran kita yang muncul ialah bola mata, namun tidak hanya bola mata yang berperan agar kita dapat melihat, bulu mata, alis dan kelopak mata juga berperan penting dalam mendukung penglihatan. Mata merupakan organ yang kerjanya terkait dengan cahaya yakni terang dan gelap, warna, dan benda yang dilihat http://www.seputarpendidikan.com

Bagian-bagian mata terdiri dari :

– Kornea atau selaput bening. Kornea mata berguna untuk meneruskan cahaya yang masuk kedalam mata. Cahaya akan berakhir pada selaput jala atau retina.

– Iris atau selaput pelangi. Iris terletak di belakang kornea mata. Di tengah iris terdapat celah yang disebut anak mata atau pupil. Iris berguna untuk mengatur banyaknya cahaya yang masuk ke dalam mata.

– Lensa. Lensa mata berguna untuk memfokuskan cahaya yang masuk ke dalam mata agar jatuh tepat pada retina. Sehingga benda yang dilihat akan tampak jelas. Lensa mata mampu mencembung dan memipih. Kemampuan ini disebut daya akomodasi.

– Badan Bening. Bagian ini berguna untuk meneruskan cahaya yang telah melalui lensa.

– Retina atau selaput jala. Berguna sebagai menangkap cahaya yang masuk ke dalam mata.

– Saraf mata. Bagian ini berguna untuk meneruskan rangsang cahaya menuju ke otak.

2. Indera Pendengar atau telinga

Telinga merupakan Organ tubuh manusia yang memiliki fungsi sebagai indera pendengaran dan sebagai organ yang menjaga keseimbangan. Telinga merupakan organ yang berperan terhadap pendengaran kita akan suara atau bunyi karena telinga memiliki reseptor khusus yang memiliki fungsi untuk mengenali getaran suara.Akan tetapi telinga memiliki batas frekuensi suara yang dapat didengar, yaitu antara 20 Hz – 20.000 Hz.

Bagian-Bagian Telinga terdiri atas 3:

– Telinga Luar.
Telinga luar terdiri dari tiga bagian, yakni: daun telinga, lubang telinga, dan saluran telinga luar. Telinga luar memiliki fungsi untuk menangkap getaran suara.

– Telinga Tengah. Telinga tengah terdiri dari tiga bagian yakni: selaput pendengaran atau gendang telinga, tulang-tulang pendengaran, dan saluran Eustachius. Tulang-tulang pendengaran terdiri dari tiga bagian yakni: tulang martil, tulang landasan, dan tulang sangurdi. Jika ada bunyi masuk, gendang telinga dan tulang-tulang pendengaran akan bergetar. Saluran Eustachius menghubungkan rongga telinga dan rongga mulut.

– Telinga Dalam. Telinga dalam terdiri dari tingkap jorong dan rumah siput. Telinga dalam berguna untuk meneruskan rangsang suara ke otak.

3. Indera Pembau (Hidung)

Hidung merupakan indera pembau dan juga alat pernapasan. Di dalam hidung terdapat saraf – saraf pembau. Rangsang bau yang diterima hidung akan diteruskan ke otak. jika dihung tidak dapat mengenali bau maka itu disebut anosmia. Penyebabnya antara lain: Terjadinya penyumbatan pada rongga hidung, misalnya karena pilek atau flu dan penyakit polip.

Bagian-bagian hidung :

– Rambut halus sebagai penyaring udara
– Rambut halus peka dengan bau
– Kumpulan ujung saraf pembau
– Serat saraf untuk mengirim rangsang bau ke otak
– Indera Pencecap atau Pengecap (Lidah)

4. Indera Pengecap atau lidah

Lidah merupakan sekumpulan otot rangka yang terdapat pada lantai mulut, lidah mampu membantu dalam mencerna makanan dengan mambantu dalam proses mengunyah dan menelan. Lidah dekenal sebagai indera yang memiliki banyak tunas pengecap, lidaj juga membantu dalam membolak balikan makanan dalam mulut.

Lidah ialah organ yang berfungsi sebagai resepor dalam mulut sehingga kita bisa merasakan rasa dari makanan dan miuman yang kita makan. Reseptor yang terdapat pada lidah dapat menerima rangsangan kimia yang berupa larutan sehingga disebut kebagai kemoreseptor.

Lidah memiliki beberapa fungsi lain diantaranya:

– membantu mengatur letak makanan saat kita mengunyah
– membantu dalam berbicara
– membantu saat menelan makanan

Dalam pergerakannya, lidah memiliki dua otot yang berperan aktif yakni otot intrinsik dan otot ekstrinsik. Otot intrinsik berfungsi untuk mengatur gerakan-gerakan halus lidah dan otot ekstrinsik berfungsi mengaitkan lidah pada bagian sekitarnya serta membantu lidah dalam melakukan beberapa gerakan kasar seperti menekan gigi, menekan rongga mulut bagian atas dan mendorong lidah masuk ke faring.

Bagian-bagian lidah yaitu :

– Ujung lidah peka terhadap rasa manis
– Samping lidah peka terhadap rasa asin dan asam
– Pangkal lidah peka terhadap rasa pahit
– Tengah lidah peka terhadap rasa pedas

5. Indera Peraba atau kulit

Kulit merupakan indera peraba yang akan mengenali struktur luar dari pagian yang kita sentuh. Dalam kulit erdapat ujung – ujung saraf peraba. Kepekaan pada kulit tidak sama disetiap permukaan. Bagian yang paling peka adalah pada ujung jari dan ujung bibir. Kult kita dapat membedakan kasar, halus, pans, dingin dan sakit. Kulit merupakan organ terluar dari tubuh manusia atau makhluk hidup. Kulit hanya memiliki berat 7% dari berat seluruh tubuh kita. Kulit memiliki rongga yang disebut pori – pori, pori ini berfungsi sebagai tempat keluarnya keringat dan pengatur suhu tubuh. Kulit juga berfungsi sebagai pelindung tubuh dari hal yang dapat mebahayakan. Kulit gerdiri dari tiga bagian yakni bagian dermis, epidermis dan hipodermis.

1. Lapisan epidermis
lapisan ini memiliki tebal kurang lebih 0,1 mm dan tersusun dari empat lapisan jaringan epitel. Setiap lapisannya mempunyai ciri khas. Lapisan ini tidak memiliki pembuluh darah sehingga jaringan ini mendapatkan nutrisi dari difusi lapisan dermis yang ada dibawahnya.

Empatlapisan pada epidermis:

– Lapisan Tanduk(Stratum Korneum)
– Lapisan Malphigi (Stratum Granulosum)
– Lapisan Spinosum (Stratus Spinosum)
– Lapisan Basal (Stratum Germinativum)

2. Lapisan dermis
Lapisan ini terdiri dari pembuluh darah, kelenjarminyak, kantung rambut, ujung -ujung saraf indera dan kelenjar keringat. Pembuluh darah pada lapisan ini sangat luas sehingga ia mampu menampung sekitar 5% dari jumlah darah pada seluruh tubuh.

3. Lapisan hipodermis
Lapisan ini merupakan jaringan ikat yang erletak antara dermis dan epidermis, namun jaringan ini letaknya tidak jelas. Jaringan ini menjadi tempat penyimpanan lemak dalam tubuh. Lemak ini berfungsi untuk melindungi tubuh dari benturan benda keras, penjaga suhu tubuh karena lemak menyimpan panas dan sebagai sumber energi cadangan.

Baca Juga >>>

Pendidikan Anak Berwawasan Integratif

Pendidikan Anak Berwawasan Integratif

Pendidikan Anak Berwawasan Integratif

decloetstructures.com – Tahukah Anda apa itu pendidikan anak berwawasan integrative? Pendidikan integrative ini merupakan pendidikan terpadu, yang mana sekolah yang memberi kesempatan pada peserta didik yang berkebutuhan khusus untuk dapat mengikuti pendidikan di sekolah regular tanpa ada perlakuan khusus yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan setiap individual anak. Sekolah tetaplah menggunakan kurikulum, tenaga pendidik, sarana dan prasarana, kependidikan, serta semua sistem pembelajaran reguler bagi semua peserta didik.

Pendidikan Anak Berwawasan Integratif

Selain hal tersebut, apabila memang ada peserta didik tertentu yang sedang alami kesulitan di dalam mengikuti pendidikan, maka kunsekuensinya adalah peserta didik itu sendirilah yang nantinya harus menyesuaikan dengan sistem yang telah dituntut di sekolah regular. Dengan kata lainnya adalah pendidikan terpadu akan menuntuk kepada anak yang harus bisa menyesuaikan dengan sistem yang telah di persyaratkan sekilah regular. Kelemahan dari pendidikan lewat sekolah terpadu ini antara lain adalah anak yang berkebutuhan khusus tidak bisa mendapat pelayanan sesuai dengan kebutuhan individual anak. Sedangkan untuk keuntungannya adalah sih anak yang berkebutuhan khusus nantinya bisa bergaul di lingkungan social yang luas dan juga wajar.

Sistem pendidikan anak berwawasan integratif di Indonesia

  • Belajar di dalam kelas umumnya dengan guru kelas. Saat ini sudah ada banyak siswa tuna netra yang mendapat program pelayanan pendidikan terpadu secara penuh, yang mana siswa belajar di dalam kelas biasanya danjuga ditangani sepenuhnya oleh guru kelas serta masing-masing guru dalam bidang studi kuliahbahasainggris.com.
  • Selain hal tersebut, sistem pendidikan anak berwawasan integratif ini umumnya adalah belajar di dalam kelas biasa dengan guru kelas serta seorang guru pembimbing khusus. Siswa tuna netra belajar di dalam kelas biasa dengan guru kelas yang di damping oleh guru pembimbing khusus. Yang mana guru pembimbing khusus ini bisa berasal dari kalangan guru PLB, akan tetapi bisa juga dari tenaga ahli dalam bidang ketuna netraan.
  • Belajar di dalam kelas umumnya dengan guru kunjungan. Guru kunjungan ini umumnya akan menangi siswa tuna netra yang tengah belajar pada beberapa sekolah. Fungsinya hanya memberi saran pada guru kelas atau pun guru bidang studi.
  • Belajar di sekolah umum dengan kelas yang khusus untuk siswa tuna netra belajar di sekolah umum akan tetapi belajar di kelas yang khusus atau terpisah dengan siswa normal yang lain.
  • Belajar di dalam satu lokasi atau tempat sekolah dengan berbagai macam ketunaan. Siswa dengan tuna netra bersaam dengan siswa yang mempunyai kebutuhan khusus yang lain belajar dalam satu gedung sekolah yang sama.

Demikianlah informasi tentang pendidikan anak berwawasan integratif yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Back to Top